Halaman

Rabu, 02 Oktober 2019

Fungsi Dwell dan Tacho Meter serta Cara Penggunaannya

Dwell meter dan tacho meter merupakan bagian dari peralatan atau alat ukur elektrik karena alat ini dapat digunakan apabila ada sumber listrik (membutuhkan energi listrik).
Dwell meter berfungsi untuk mengukur sudut dwell pada suatu kendaraan. Sudut dwell dapat diartikan dengan sudut lamanya platina menutup atau lamanya arus primer koil mengalir. Sedangkan tacho meter berfungsi untuk mengukur kecepatan putaran (RPM) mesin.
Biasanya antara alat ukur dwell meter dan tacho meter dijadikan satu kesatuan, untuk lebih jelasnya tentang alat ukur ini perhatikan gambar di bawah ini :

Pada alat ukur dwell tacho meter di atas terdiri dari dua buah kabel yaitu kabel warna merah dan kabel warna hitam. Kabel warna merah digunakan untuk mengukur signal tegangan sedangkan kabel warna hitam ditempatkan ke massa atau negatif baterai).
Selain itu, terdapat skala ukuran dan jarum penunjuk, selektor untuk memilih dwell atau tacho serta sekrup penyetel untuk melakukan set “0”.

Cara menggunakan dwell meter
  1. Siapkan alat dwell tacho meter, kemudian tempatkan saklar atau selektor ke arah dwell (untuk mengukur sudut dwell).
  2. Lakukan set “0” jarum penunjuk dengan memutar sektup penyetel.
  3. Pasang dwell meter, kabel warna merah ditempatkan ke negatif coil atau terminal pada distributor dan kabel warna hitam ditempatkan ke massa atau ground (negatif baterai)
  4.  Hidupkan mesin dan bacalah hasil pengukuran sudut dwell pada alat ukur.
  5. Baca sesuai angka yang ditunjukkan oleh jarum pununjuk (pointer) sesuai dengan jumlah silinder mesin, pada alat ukur ini terdapat dua skala jumlah silinder yaitu 6 dan 8 silinder, apabila yang diukur adalah mesin dengan 4 silinder maka gunakan skala pada alat ukur di 8 silinder, baca hasil pengukuran lalu kalikan 2.




Cara menggunakan tacho meter
  1. Siapkan alat dwell tacho meter, kemudian tempatkan saklar atau selektor ke arah tacho (untuk mengukur RPM mesin).
  2. Lakukan set “0” jaru penunjuk dengan memutarkan sektrup penyetel.
  3. Pasang tacho meter, kabel warna merah ditempatkan ke negatif coil atau terminal pada distributor dan kabel warna hitam ditempatkan ke massa atau ground (negatif baterai).
  4. Hidupkan mesin dan bacalah hasil pengukuran RPM mesin pada alat ukur.
  5. Untuk RPM, angka yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk (pointer) hasilnya dikalikan 100. Apabila mesin tersebut memiliki 4 silinder maka lakukan pembacaan pada alat ukur di skala 8 silinder, namun hasil pembacaan di kalikan 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar